Friday, January 17, 2014

Tips to be Happy

Kalo udah masuk Psikologi, agak nyebelin kalo misalnya kamu ngeluh-ngeluh lagi sedih, lagi frustrasi dan sebagainya. Soalnya, kalo kamu curhat ke orang, khusunya yang non Psikologi, pasti dibilang "ah, lu kan anak Psikologi, masa...." Ya plis, gw sama lu sama-sama makan nasi kan, sama-sama pake baju kan, sama-sama nginjek tanah kan. Yaudah, terus kalo misalnya kayak gitu, biasanya sih gw sendiri bikin 'penyembuhan diri sendiri' misalnya katarsis, kayak nyanyi, foto-foto, melakukan toleransi-toleransi (lha..), dansebagainya. Well, prok-prok dulu lah buat diri sendiri, buat kalian semua yang sudah berhasil 'menyembuhkan diri sendiri' ketika dalam masa-masa sulit, hehe.

Ketika gw lagi dalam masa-masa sulit, gw selalu mikir, apa yang lagi 'defisit' di dalam diri gw ketika gw sedang dalam masa-masa itu. Kemudian dari pengalaman mikir gw itu, (iya, anaknya gabisa berhenti mikir), gw mencatat beberapa hal yang rasanya gw temukan sebagai akar masalah, di mana hal itulah yang gw rasa sedang kurang dari dalam diri, dan membuat gw tidak bisa berfikir jernih dan membuat hal-hal negatif terus tumbuh. Maka, semoga hal-hal berikut ini bisa menjadi tips untuk tetap happy, dengan menjaga agar hal-hal ini tetap ada dan tumbuh pada dirimu :)

(source)

1. Bersyukur
Menurut gw, ini yang paling sering dilupakan oleh umat manusia, termasuk gw. Terkadang kita sedih, kesal, karena kita gagal, atau karena kita tidak punya apa yang orang lain punya. Kita iri, kita merasa kurang. Coba sekali-sekali menengok ke bawah. Masih banyak lho yang lebih susah dari kita. Kita hanya sekali gagal di ujung, masih banyak yang dari awal sudah gagal. Kita merasa kurang cantik, kurang eksis, kurang tajir, masih banyak yang gak mikirin itu sama sekali karena fokus cari makan. Percaya deh, sekali kita mencoba untuk bersyukur, apa yang kita rasa kurang itu akan bisa hilang dari pikiran kita. Dan tentunya akan jadi lebih happy, hehe :)

2. Ikhlas
Nah setelah bersyukur, kita mungkin perlu untuk ikhlas. Gausah bilang "Iya, gw bersyukur kok.......tapi...." Nah, kalo pake 'tapi' itu namanya belum ikhlas. Terkadang memang perlu sekali-kali kita merelakan suatu hal yang kita ingin dapatkan. Hey, you can't always get what you want, right? Allah itu ngasihnya apa yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. Kalau kecewa tidak mendapatkan apa yang diharapkan, mungkin memang kamu belum butuh itu sekarang? Atau mungkin usahamu kurang sehingga Allah ingin melihat usahamu lagi untuk mendapatkannya? Who knows? Just be happy and continue your life :)

3. Memberi
Mungkin ketika sedih, murung, atau bete, ketika senyum itu sulit sekali, sekalipun cara-cara kayak yang pernah gw posting di sini, sudah dilakukan. Ini cara baru yang pernah gw lakukan yang ternyata cukup manjur, yaitu adalah "memberi". Ya, sesuatu yang dari kita, dan kepada orang lain. Apa yang diberi ini bisa beraneka ragam, mulai dari benda fisik, bahkan hanya ucapan semangat, atau pelukan (tentunya sama yang mahramnya ya). Kenapa bisa? Coba ketika kamu diberikan sesuatu, kamu bisa menjadi senang dan kemudian tersenyum, kan? Nah, kalau kamu bisa memberi kepada orang lain secara langsung, kemudian kamu melihat orang itu senang dan tersenyum atas pemberianmu, senyuman itulah yang akan menilar ke kamu dan bisa membuat dirimu lebih postif. Iya, senyum itu lebih menular daripada HIV :)

4. Senyum
Nah sekali lagi gw sebut mengenai senyum di sini, karena gw sudah sangat percaya bahwa tersenyum itu memang bisa untuk membuat kita lebih bahagia. Mungkin memang ketika dalam kondisi buruk, senyum itu terasa berat sekali. Tapi, ada banyak cara di mana kamu bisa tersenyum, seperti yang sudah pernah saya kasih tau caranya seperti foto-foto, atau 'memberi' seperti yang di poin nomor 3 post ini, akan membantu kamu untuk tetap tersenyum. Semacam ada hubungan timbal balik, jika kamu bahagia, maka kamu tersenyum, jika kamu tersenyum, maka kamu bahagia. Jadi, tersenyumlah :)

Well, saat ini baru ada 4 poin itu di catatan gw. Nanti kalau ada tambahan, akan ada post berikutnya ;) Selamat berbahagia!

Song of the Day: Bruno Mars - Treasure 

Pretty girl, pretty girl, pretty girl, you should be smiling
A girl like you should never looks so blue

No comments:

Post a Comment

Popular Posts