Friday, January 24, 2014

My January: In The Age 20

Kalau tahun lalu gw ngepost Not My January, tahun ini gw ngepost My January, karena alhamdulillah, awal tahun ini cukup melunaskan banyak harapan gw di tahun lalu :) Senang rasanya karena rasanya gw udah bisa belajar dari tahun-tahun lalu, untuk menyeimbangkan antara harapan gw dengan usaha gw, dan hasilnya worth it :)

Mungkin ini tumben-tumbennya gw gak ngepost di tanggal 5 Januari ya, di mana gw berulang tahun. Tahun ini, gw memiliki kepala dua di usia gw :"). Sekarang gw berusia 20. Dulu waktu kecil, gw merasa yang musti dipangil tante/om itu ya mulai dari yang usianya ada angka 2 di depannya. Berarti gw semacam mengkonfirmasi bahwa gw sudah cocok dipanggil tante. Gapapa, gapapa, gw udah sering dipanggil 'ibu' kok. Emang muka gw yang boros kali ya, haha.

Waktu ulang tahun kemarin, banyak ucapan yang gw terima. Gak sedikit juga yang nanya, "gimana rasanya jadi 20?" Waktu tengah malem tanggal 5 kemarin sih beneran gak kerasa apa-apa, kirain bakal dapet super power gitu (yakali). Tapi, sekarang ini, gw merasa kalo emang ada sedikit beban yang terasa pada diri gw. Gw sadar banget sekarang gw sedih kalo misalnya ditanya, "kuliah tingkat berapa?", pengeen banget gw jawab, "tingkat 1 tante", tapi skrg gw dengan senyum setulusnya menjawab "udah tingkat 3, tante, hehe". Terus gw juga sedih, pas ngisi-ngisi form atau semacamnya gitu, pas klik/ketik kolom usia, udah bukan yang depannya 1, tapi 2. :"). Gapapa sih, tapi entah kenapa baru kerasa, kalo perubahan usia ini cukup signifikan dibandingkan perubahan usia dari 16 ke 17 tahun.
(source)
Kalo di Psikologi pun, kata Erik Erikson, usia 20 sudah masuk masa Intimacy vs. Isolation. Makanya biasanya disebut usia nikah karena salah satu bentuk Intimacy adalah kepada pasangan. Buat yang belum tau, jangan bokep dulu ya, Intimacy tuh maksudnya kedekatan dalam hubungan interpersonal, karena Erikson membahas tentang perkembangan Psikososial. Haha.

Anyway, beban yg gw maksud tadi itu adalah beban kedewasaan, karena usia ini sudah memasuki dewasa muda, kata buku Psikologi Perkembangan. Gw merasa udah gak bisa manja-manja unyu lagi sama papa mama (harusnya), gw merasa harus sudah berpenghasilan sendiri, gw merasa harus mulai mencari pasangan (lah), gw merasa harus mandiri dalam segala hal, gw merasa... ah.. banyak merasa harus ini itu. Banyak kegelisahannya.

Emang anaknya kalo mikir suka berlebihan gitu, tapi sebenernya hasil buah pikir itu kadang-kadang menyenangkan dan memotivasi. Dari segala ketakutan-ketakutan gw itu, gw malah muncul banyak ide dan rencana pencapaian untuk ke depan, entah kenapa gw lebih bisa melihat masa depan gw sediit lebih jelas. Kayaknya gw emang sering banget ngesengajain menunda untuk memikirkan masa depan. Iya, gw saat ini excited, melihat catatan-catatan gw akan rencana gw. Mungkin didukung juga dengan momen tahun baru (untungnya ultah deket tahun baru ya) sehingga cukup semangat untuk membuat perubahan di tahun ini.

Jadi, dari renungan-renungan gw, gw punya saran, kalau kamu memiliki ketakutan-ketakutan seperti yang gw miliki, jadikan itu bahan pembuatan rencana dan tujuan hidup ya, bukan sebagai penghalang untuk jalan, untuk semakin maju, semakin dewasa :) #asik. Semoga, apa yang emang gw dan teman-teman sekalian rencanakan, gak hanya wacana dan kotoran banteng, tapi bisa menjadi batu-batu loncatan untuk mencapai cita-cita paling akhir: hidup bahagia dan masuk surga :) Aamiin.

"Menjadi tua itu pasti, menjadi dewasa itu pilihan."

Lagu lama, tapi gw lagi terekspos terus dengan lagu ini, karena baru-baru ini ikut nyanyi-nyanyi lagi :D. Cerita lagu ini tuh hampir sama dengan pengalaman gw memikirkan usia 20. Ceritanya Miley deg-degan baru masuk USA, tapi terus udah relaks karena musik-musik, ya atau semacam itu. Sekarang gw juga seperti sudah rileks dengan usia gw karena gw sudah mulai punya rencana-rencana untuk ke depannya :) Bismillah!

No comments:

Post a Comment

Popular Posts