Saturday, January 18, 2014

Resensi Buku - Sidney Sheldon - The Doomsday Conspiracy

Judul Buku: The Doomsday Conspiracy (Konspirsi Hari Kiamat)
Pengarang: Sidney Sheldon
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Jumlah halaman : 544

Gw lagi suka buku crime ficiton, khususnya punya Sidney Sheldon ini. Tapi gw ga nyangka kalo buku ini jadi agak fantasy, hehe. Anyway, buku ini mengisahkan tentang Letkol Robert Bellamy, seseorang yang digambarkan ganteng dan bertubuh bagus yang merupakan angkatan laut, memiliki istri yang cantik bernama Susan. Ia tiba-tiba ditugaskan oleh Badan Intelejen Angkatan Laut untuk mengidentifikasi nama-nama saksi dari jatuhnya balon cuaca milik NATO. Kata jendral yang memberikan tugasnya, dalam balon raksasa tersebut terdapat peralatan militer eksperimental dan terjaga kerahasiaanya sehingga para saksi itu diharapkan tidak menyebarkan beritanya.

Pada saat ia bertugas dan bertemu dengan saksi mata, sesuatu yang mengganjal terjadi di mana saksi yang ia temukan selalu menyebut bahwa saat itu mereka tidak melihat balon cuaca jatuh, tetapi sebuah pesawat, piring terbang (UFO) tepatnya, dengan dua mayat..alien, di dalamnya. Alien itu bermata biru besar, yang jaraknya renggang satu sama lain, bertubuh kurus dan berkepala besar. Kursi dalam piring terbang itu ada tiga, namun jasad alien tersebut ada dua.

Sementara di bagian lain dari Swiss, seorang wanita cantik berkeliling Swiss, menunggu hujan kedua yang datang karena ia tidak bisa memakan makanan manusia, hanya air hujan yang pernah dirasakannya. Dia adalah Graceful One, yang telah menyalin bentuk manusia untuk bentuk tubuhnya. Ia memegang sebuah komunikator yang memiliki bagian yang hilang. Kapal Induk yang melayang diatas bumi pun masih menunggu Graceful One mengirim sinyal.

Buku ini menceritakan setiap detail bagaimana Robert Bellamy mencari satu persatu saksi mata yang merupakan peserta tur bus di swiss, yang ternyata berubah menjadi bencana karena orang yang menugaskan Bellamy mengkhianatinya. Bellamy dikatakan hanya disuruh untuk menyebutkan nama-nama saksi agar mereka tutup mulut mengenai apa yang mereka lihat, namun nyatanya mereka dibunuh, dan setelah semua saksi ditemukan, Bellamy lah yang menjadi target terakhirnya. Pengejaran Bellamy pun menjadi sangat seru karena Bellamy ini ceritanya pintar dalam melarikan diri. Hingga akhirnya Bellamy bertemu dengan Graceful One sebab Bellamy menggenggam kristal yang terpisah dari alat komunikasi yang dipegang Graceful One. 

Nyatanya tiga tahun yang lalu, alien berhubungan dengan pemerintah amerika. Alien itu melakukan permusyawarhan terhadap pemerintah bahwa industri di bumi akan menghancurkan planet bumi sendiri. Sebenarnya agak aneh aja tiba-tiba di buku sidney sheldon ada alien, tapi keren juga, di akhir ada bagian Sheldon bercerita mengenai tinjauan literaturnya mengenai setengah referensi yang membuktikan bahwa alien itu ada dan setengah refensi membuktikan bahwa alien itu tidak ada. Kalau di cerita ini mereka percaya bahwa alien itu merupakan tumbuh-tumbuhan. Tumbuh-tumbuhan itu sebenarnya berpikir, dibuktikan dari eksperimen musik, dan cahaya. Yang gw suka sebenarnya adalah, why bother alien memperingati kita manusia karena ulah kita sendiri. Bahkan alienya sendiri yang bilang kalau "Jangan membunuh planetmu sendiri". Malu aja gitu, haha.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts