Tuesday, October 1, 2019

You Don't Have to Explain Anything to Anyone

Maaf ya lagi-lagi ngomongin soal ibu2. Haha maklum emang udah jadi ibu2. Melihat fenomena ibu2 milennial sekarang ini yang semua punya instagram, belum lagi hobby sharing di Instagram, social media sekarang sudah banjir sekali ilmu soal parenting. Bahkan bukan hanya ilmu sih, lebih ke pengalaman juga. Aku sebagai netizen pun kadang tertarik dengan konten yang di share beragam ibu2 mulai dari yg terkenal sampe temen sendiri.

Ketika membaca konten yang dikemukakan ibu2 sharer itu, yang aku tangkap kesannya adalah, mereka selalu menjelaskan kenapa anaknya begini, kenapa anaknya begitu, kenapa keputusannya begini, kenapa begitu. Namun dalam kesan yang bukan free-sharing, tetapi explaining. Kesan yang kutangkap itu lebih seperti, "aku melakukan hal-hal ini karena seribu alasan, so don't judge me"

Ibu-ibu sekarang kayak takut di judge karena pilihannya dalam membesarkan anak, soalnya sekarang semacam ada "standar sosial" dalam mengasuh anak yang gaktau asal mulanya dari mana. Itulah yang jadi beban ibu-ibu milenial. Kayaknya ngasuh anak harus sesuai teori, harus perfect, dan... harus dishare di sosial media. Wkwkw. Emang social media itu isinya yang perfect2 aja yakan?

Mari balik lagi ke topik. Jadi, isi dari sebagian besar ibu2 sharer itu lebih kayak pembuktian2, bahwa 'ini lho aku sudah melakukan parenting sesuai teori'. Jadi lah muncul musuh dalam selimut ya kan, yang katanya sharing jadi rada shaming. Lalu timbul mom-competition secara tidak langsung. Jadi toxic lah intinya. Auto unfollow deh, haha.

Jujur aku lebih suka sharer yang genuine, benar2 sharing pengalamannya, pembelajarannya, bahkan berani menceritakan penyesalannya dan perasaannya. Bacanya juga jadi lebih free bukan malah tertekan. Lagipula, setiap anak, setiap orangtua itu berbeda2 dan tidak semuanya harus sama dengan teori.

You are the best parent for YOUR child.

bukan anak orang lain, jadi orang lain tidak berhak menjudge kamu, keputusanmu dsb. Apalagi kalo gak ditanya! Wkw. Be free, be you.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts