Saturday, October 5, 2013

Tentang Cantik dan Menjaga Diri

Hasil sharing dengan seorang senior saat sedang liqo. Salah satu yang paling aku ingat adalah bahwa wanita harus menjaga diri, mempercantik diri. Banyak wanita yang bahkan rela mengeluarkan uang untuk membeli alat make up atau baju cantik yang matching untuk mempercantik dirinya. Namun entah kenapa, aku juga tidak jarang melihat banyak teman-teman perempuanku yang cuek dengan penampilannya. Tak perlu disebutkan sifat-sifat cueknya menghasilkan apa saja.

Tidak sedikit yang berpikiran bahwa perempuan tidak perlu berlebihan untuk mendapatkan kecantikan, semua perempuan itu cantik. Perempuan itu cantik jika hatinya cantik, ga perlu dandan berlebihan. Iya aku setuju ga perlu dandan atau perawatan berlebihan. Tapi menurut aku pribadi, secuek apa diri kita, seidealis apa diri kita, seorang perempuan memang harus menjaga diri dengan merawat tubuh dan penampilannya, meski ya aku setuju, perempuan juga cantik karena hatinya, karena tingkah lakunya, karena apa yang diperbuatnya.

Wanita itu pengubah dunia. Aku sangat kagum pada teman-temanku yang mengejar prestasi di mana-mana, menjadi pemimpin di mana-mana, menjadi pembicaa di mana-mana. Sungguh memiliki banyak pengaruh. Bangga gitu melihat teman-teman kita tersebut, tapi sungguh tidak enak rasanya mereka digunjingkan karena penampilannya tidak menarik. Ini kisah nyata lho.

Kalau di dalam statistik ada yang namanya face validity. Di mana tampilan luar sebuah penelitian mempengaruhi persepsi orang terhadap penelitian tersebut. Dalam sehari-hari, apalagi buat anak psikologi, biasanya konsep face validity ini bisa digeneralisasikan pada orang. Jika orang itu 'tampilan luarnya' bagus, maka orang lain akan menganggap kualitas dirinya bagus. Semacam impresi awal berdasarkan tampilan luar. Maka dari itu, penting untuk menunjukkan bahwa kualitas diri kita baik, dengan menampilkan diri kita dari luar dengan baik pula.

So, bagaimana cara menjaga diri kita sebagai perempuan?
 
Pertama, menurut gw, jangan malas mandi! Meskipun perempuan pakai baju lengkap, dari kerudung sampai daleman baju, kaus kaki, dan tidak terlihat kulitnya, orang yang tidak mandi itu baunya tak bisa ditutupi. Meskipun kita merasa bahwa kita tidak bau, tapi di hidung orang lain akan berbeda. Hidung kita itu mentoleransi bau badan kita sendiri lho, pantas saja kita tidak mencium bau badan kita. Kemudian, sempatkanlah diri ke salon gitu misalnya. Masih ada kok salon yang menerima creambath cuma 20.000 rupiah. Meskipun kita memakai kerudung, rambut yang tak terawat akan menimbulkan bau yang bisa tercium oleh orang lain.

Yang kedua, jangan gengsi untuk berdandan sedikit. Otak kita menganggap diri kita 10 kali lebih cantik daripada yang terlihat aslinya lho. Jadi, jangan terlalu santai terhadap penampilan kita ya. Minimal pakai bedak saja gitu, untuk mengurangi minyak pada wajah. Sayang sekali ketika kita misalnya nanti menjadi pembicara di depan, menjadi orang yang bisa membawa pengaruh, tetapi ketika disorot, mukanya kinclong. Hihi. Kalau tahu badan mudah berkeringat dan wajah sering berminyak, sedia sabun muka dan cologne  atau parfum untuk menyegarkan kita di tengah kekucelan. 

Yang ketiga, senyumlah! Kayaknya sering banget gw ngasih pesan senyum di blog gw. Karena senyum itu penting lho. Dari situ kita mengemas tampilan luar kita yang sudah cantik menjadi lebih cantik. Orang lain pasti akan senang terhadap kita, jadi percaya dengan kita dan bahkan mengormati kita.

Sekian dulu pesan-pesan dari saya. Saya sangat percaya wanita itu pengubah dunia. Sebelum mengubah dunia, ubah dulu diri kita menjadi lebih baik ya. Mulai dari penampilan dan senyuman :)

No comments:

Post a Comment

Popular Posts