Saturday, November 10, 2012

Hari Jadi, Hari Pahlawan

Dear bloggers, apa sih yang dimaksud dengan pahlawan? Sebatas mana seseorang bisa disebut pahlawan? Tiba-tiba saya teringat mata kuliah Etika yang saya ambil di semester 2 lalu. Jadi, ada tiga situasi dimana seseorang bisa disebut kudus atau pahlawan dalam arti eksklusif etis (copas dari slide Etika), yaitu :

1. Jika seseorang melakukan kewajibannya dalam keadaan dimana kebanyakan orang tidak akan melakukan kewajiban mereka, karena terbawa oleh keinginan teratur atau kepentingan diri.
2. Jika seseorang melakukan kewajiban dalam keadaan dimana kebanyakan orang tidak melakukannya, bukan karena disiplin diri yang luar biasa, melainkan dengan mudah tanpa usaha khusus.
3. Jika seseorang melakukan lebih daripada yang diwajibkan.

Mata kuliah ini absurd banget, dan jujur nilai Etika saya merupakan yang paling rendah diantara semua mata kuliah yang saya ambil. Berasa gak punya Etika, eits salah, kalau itu namanya Etiket, beda loh (tidak perlu dibahas lebih lanjut).  Sebenarnya saya belum mengerti betul makna dari tiga poin ini (lah terus kenapa di tulis?). Tapi saya mencoba mengingat  dan menjelaskannya mengenai apa yang saya dapat di mata kuliah ini.

Pada poin pertama, maksudnya adalah seseorang yang dapat disebut sebagai pahlawan adalah orang yang memiliki dorongan dari diri sendiri untuk melakukan kewajibannya dimana orang lain tidak memilikinya. Hmm agak cukup sulit dimengerti dan dibedakan sih. Yang ngerti, Alhamdulillah, yang gak ngerti, lanjut.

Poin kedua, ini menjelaskan tentang perbedaan kekuatan antara orang yang disebut pahlawan dengan orang biasa. Mungkin contoh fiktifnya seperti Hercules, yang memiliki kekuatan lebih daripada orang biasa, sehingga bisa disebut pahlawan.

Nah, poin ketiga ini yang paling bisa saya tangkap. Melakukan lebih dari apa yang diwajibkan. Ya, hanya dengan melakukan sedikit lebih dari apa yang diwajibkan, semua orang bisa menjadi pahlawan. Tapi, apa masih banyak orang yang seperti itu? Saya yakin apa yang kita lakukan masih hanya sebatas pemenuhan kewajiban, bahkan ada yang belum memulai untuk memenuhi kewajiban tersebut.

Kurang cukup menjelaskan ya? Ah, makanya nilai Etika saya jelek, hehe.

Selamat hari pahlawan!
Di balik kebahagiaan Indonesia sekarang, ada pahlawan yang merelakan kebahagiaannya untuk memperjuangkan Indonesia.
Di balik kebahagiaan kita sekarang, ada orang tua yang rela memberikan kebahagiaannya untuk kita.
Jangan lupa berterima kasih pada pahlawan yang paling dekat denganmu, yaitu orang tua. Jadi, berjuanglah untuk membahagiakan mereka :)

Maap ya random, saya memang tidak pandai berkata-kata. Ngomong-ngomong, hari ini tanggalnya bagus yah: 10-11-12 (terus gw harus bilang wow gituh?). Ada yang mau menikah hari ini? Saya sih... mau, tapi belom ada yang ngelamar, ha ha #salahfokus. Oke, jadi apa yang terjadi hari ini?

Hari ini adalah hari mychocolateshake.blogspot.com telah mengudara selama 3 tahun! *tembak konfeti* *nyalakan kembang api*

Terima kasih kepada orang-orang yang telah membaca blog ini, meskipun cuma nyasar sampai di sini. Terima kasih pada subscribers yang semoga tidak geregetan melihat perkembangan blog ini yang lambat sekali. Terima kasih juga pada silent readers yang mungkin secara diam-diam mengagumi atau membenci blog ini, terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca. Boleh loh minta feedbacknya dari semua tulisan saya. Mau kasih kritik pedas, apalagi apresiasi, semuanya boleh seboleh-bolehnya disampaikan secara langsung atau lewat komen. Kalau yang saya kutip dari blog lain: Budayakan komen setelah membaca. Ya, menurut saya, berkomentar adalah salah satu cara terbaik untuk merubah sesuatu menjadi lebih baik. Semoga ke depannya saya bisa lebih sering ngeblog dan blog ini lebih bermanfaat. Amin.

By the way, ada yang baru nih di blog ini.. apa tuh? Yaitu "MyFiction", label baru dari post di mychocolateshake. Entah kenapa, sekarang ini saya sedang cukup excited untuk membuat cerita-cerita pendek. Rasanya seneng aja gitu bisa bikin cerita sendiri, bisa bikin dunia sendiri. Cerita-cerita itu sekarang ada yang beberapa masih menjadi draft, dan baru ada 1 yang sudah di publish (cek post sebelum ini). Semoga sebentar lagi bertambah banyak ya. Happy reading :)

Song of the Day: Mariah Carey - Hero
Ceritanya edisi hari pahlawan, hehe. Lagu ini sudah terlalu sering membangkitkan saya ketika sedang terjatuh. Semoga bisa juga membangkitkan semangat juang kalian yang merasa dirinya sedang terjatuh dan tak bisa bangkit lagi... #salahlagu

A hero lies in you.

2 comments:

  1. nilai etika aku juga jelek Syak *kok malah curcol* selamat ulang tahun ketiga ya mychocolateshake :D
    oia, cieeh ada label baru *nonton Syaki gunting pita*
    ditunggu karya-karya selanjutnyaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah etika emang random banget itu matkulnya :P
      Hihi makasiiih, semoga nanti akan banyak yang dilabelin MyFiction, semoga gw ga prokras ya kalo nyelesaiin tulisan :") *ituajasihpenyakitnya*

      Delete

Popular Posts