Thursday, February 20, 2014

Tentang Berdoa

Sedikit pencerahan dari seorang senior ketika memberikan tausiyah di saat akan memulai rapat.

Dear moslems, kapan terakhir kalian berdoa pada Allah swt.? Waktu shalat? barusan?
Lalu..
Apa doa kalian? Sesuatu yang besar? Mendoakan orang tua dan keluarga? Berdoa agar menang lomba? Berdoa semoga ujiannya lancar?

Seringkali kita berdoa, berdoa untuk hal-hal besar yang memang kita merasa urusan dapat atau tidaknya, menang atau tidaknya adalah di luar kuasa kita. Maka kemudian kita berdoa untuk menyerahkan segala hasil usaha kita kepada Allah dan menunggu hasil yang terbaik.

Tapi, bagaimana dengan hal-hal yang kecil? Misalnya, apakah kamu berdoa ketika salah satu alat tulis kamu hilang agar cepat ditemukan? Apakah kamu berdoa agar kamu mendapatkan tukang ojeg yang baik ketika akan mengantarkanmu? Apakah kamu berdoa agar lift yang kamu naiki tidak berhenti ketika kamu di dalamnya? Hal-hal kecil yang mungkin sepele, tapi sebenarnya berdampak signifikan. Yang mungkin kamu merasa tidak perlu bedoa untuk mendapatkannya.

Mungkin kau akan bilang, "Hmm iya ya, kenapa aku gak berdoa untuk hal-hal yang kecil kayak gitu. Apa aku hanya ingat Allah ketika ingin meminta sesuatu yang besar saja? Mungkin teman-teman, ini saatnya kita biasakan, untuk selalu meminta kepada Allah, sekecil apapun. Dengan itu kita akan selalu mengingat Allah.  

Allah swt. bukanlah sesuatu yang akan mengatakan "Ah kamu terlalu banyak berdoa". 

Sekecil apapun dan sesepele apapun doa kita akan didengar oleh Allah swt. Mungkin banyak yang merasa Allah tidak akan mengabulkan doaku yang ini. Sesungguhnya jika kamu berdoa untuk kebaikan, Allah akan mengabulkannya. Jika tidak, mungkin belum waktunya Allah mengabulkan doamu tersebut. Atau doamu tersebut akan digantikan oleh Allah sebagai pelindung kamu atau hal baik yang menimpamu. Misalnya, kamu berdoa untuk mendapatkan sesuatu, Allah tahu sesuatu itu tidak dibutuhkan olehmu, maka doa tersebut bisa saja ditunda, atau diganti dengan sesuatu yang lebih dibutuhkan olehmu, misalnya kamu pada hari itu juga setelah berdoa, ternyata kamu tersesat di jalan, doamu tadi diganti oleh Allah menjadi pertolongan, seseorang yang datang dan membantumu agar tidak tersesat. Wallahua'lam.

Kepikiran aja, terasa sekali lho kawan, kita bergantung sekali pada sesuatu yang besar diluar kita. Aku tidak membayangkan jika Allah swt. tidak ada. Tidak ada Tuhan. Akan bergantung pada siapa aku?

No comments:

Post a Comment

Popular Posts