Tuesday, November 4, 2014

Makalah Rapi (3): Cara Membuat Cover dan Isi Makalah Dalam Satu File

Ceritanya, gw pernah tuh disalahin makalahnya gara-gara di halaman cover paling awal masih ada nomor halamannya. Sejak itu gw jadi memisahkan halaman cover dengan halaman isinya menjadi dua file terpisah. Rempong deh. Padahal, ada caranya lho! Sejak tau caranya, saya jadi tidak perlu memisahkan file cover dan isi, bahkan saya bisa pakai 2 jenis numbering dalam satu file :") *gayaklinik tongfang*. Gimana caranya? Check it out! 

Lihat Juga:
- Makalah Rapi (1): Cara Membuat Daftar Isi Otomatis 
- Makalah Rapi (2): Cara Membuat Daftar Tabel/Figur/Gambar Otomatis


CARA MEMBUAT COVER DAN ISI BERADA DALAM SATU FILE

1. Membuat Page Number pada Halaman-halaman Cover
Untuk membuat halaman, duh pastinya sudah pada khatam dong. Caranya buat dengan Insert, lalu klik page number . Nah kita coba untuk membuat halaman pada cover dan halaman-halaman awal makalah ya seperti daftar isi, kata pengantar dan sebagainya. Biasanya halaman ini menggunakan nomor romawi. Jadi, ketika mengklik page number, ada pilihan "Format Page Numbers". Di situ teman-teman bisa memiih jenis agka yang diinginkan. Mari pilih angka romawi.


2. Menghilangkan page number pada cover halaman pertama saja
Pertama, double klik pada header/ footer (tampilan harus sedang menampulkan header dan footer, jika belum, maka langkah selanjutnya belum bisa dilakukan), lalu klik Design pada menu bar lalu ceklis pada kotak Different first page. Nomor halaman pada cover hilang deh!

 

3. Membuat pemisahan antara halaman cover dan halaman isi
Kalau setelah membuat halaman cover dan nomor halamannya, nanti penomoran halaman pada halaman isinya gimana dong? Bisa kok! Lihat deh gambar di bawah ini. Pada halaman yang atas itu footernya tulisannya "section 1", dan di halaman bawahnya tulisannya "section 2" dan bisa mulai dari halaman 1 lagi. Caranya....


Pada halaman terakhir tempat halaman-halaman awal sebelum masuk ke halaman isi, beri break dengan mengklik page layout pada menu bar. Lalu lihat pada pilihan "Breaks". Pilih pada pilihan section breaks yang "Next Page". Voila! Jadi lah pembagian section 1 yaitu halaman-halaman cover awal, lalu section 2 tempat kamu menulis isi makalah kamu!

4. Membuat page number pada halaman isi
Untuk memulai membuat nomor halaman baru pada halaman isi yang sudah dipisah, caranya adalah. Double klik pada bagian header atau footer, lalu sama ketika membuat nomor halaman yaitu Insert, page number. Klik pada Format Page Numbers, kamu bisa memilih jenis angka seperti angka biasa untuk membedakan dari halaman-halaman cover, dan untuk memulai nomor halaman baru, pastikan pada page numbering terpilih pada "Start at 1"

CATATAN: Kalau kamu mau membuat format numbering berbeda di halaman isi, misalnya mau dibuat berbeda pada hanya halaman yang mengandung judul bab "Bab 1, 2 atau seterusnya". Kamu bisa mainkan pada pemisahan halaman menggunakan breaks. Jadi, sebelum mulai ke halaman yang ada judul BAB 1-nya, kamu buat breaks. Lalu diformat, misalnya pada halaman itu page numbernya ada di tengah. Kemudian pada halaman berikutnya, buat breaks lagi, dan bisa diedit sesuai dengan yang diinginkan. Agar halaman terus berurutan, pilih pilihan Page Numbering pada dialog box seperti di atas, yang Continue from previous section.

Naaah sekarang semuanya jadi deeeh! Format-format udah semua, kalo mau ngasih subbab baru gampang tinggal pencet Heading yang udah di custom. Kalo mau edit daftar isi tinggal update table. OMG Alhamdulillah jadi pas udah mepet deadline tinggal mikir nyelesaiin isi doang ga perlu mikir teknis smele smele! Haha. Semoga bermanfaat yaa. Tulisan sudah berusaha dibuat sesingkat dan sejelas mungkin. Selamat membuat makalah atau uhuk, SKRIPSI yaaa :P 

NB: Kalau ada pertanyaan, ada kesalahan penulisan atau masukan, boleh komen atau hubungi gw personal ya ;)

No comments:

Post a Comment

Popular Posts