Wednesday, August 13, 2014

My Current Idol: Eric Whitacre

Halo. Ceritanya, gw lagi suka sebuah lagu yang lagi gw latihan-in (halah) di grup paduan suara gw, GTC. Lagu itu adalah Fly to Paradise dari Eric Whitacre. Awalnya gw mengira bahwa ini adalah lagu choir barat biasa. Setelah diceritain sama Daniel, pelatih gw, ternyata si Eric Whitacre ini membuat yang namanya Virtual Choir. Nah kan setiap latihan lagu, kami dikasih partitur, midi, sama lagu aslinya (biasanya). Ternyata lagu choir Fly to Paradise yang gw dengerin setiap latihan itu adalah lagu yang dinyanyikan oleh 1000 orang yang terpisah di seluruh dunia.


Eric Whitacre
(Terus ternyata doi ganteng gitu *eh salah fokus)

Ya, virtual choir itu adalah gabungan dari beberapa suara dari sopran sampe bass dari individu yang berbeda, dan digabungkan menjadi sebuah choir. Gimana caranya? Mas Eric Whitacre ini ceritanya dia bikin lagu nih, terus dia bikin pdf partiturnya, selain itu dia juga bikin midinya, ga cuma itu, dia juga repot-repot (iya, repot-repot) bikin video dia meng-conduct paduan suaranya. Lalu, BOOM!! Ribuan orang mengirim video di youtube menyanyikan lagu Fly to Paradise sesuai suara masing-masing. Terus karena di lagu ini ada beberapa bagian solo, ada juga audisi untuk pengisi solo. Kalo mau liat nih penjelasan mengenai Virtual Choir dan contohnya langsung dari Ericnya, lihat video di bawah ini:

Keren banget ya. Seperti yang ada pada video di atas, sebenernya ada lagu lain yang dia bikin virtual choir seperti: Lux Aurumque, Sleep, Water Night, dan lainnya. Cuma gw suka banget sama lagu Fly to Paradise. Paling bagus yang acapella, lebih menyentuh gitu deh. Cuma yang ada videonya yang udah remix, dengerin aja nih oke? :)

*yang atas ini udah dicampur tecno gitu, menurut gw bagusan acapella. Cuma video di atas menunjukkan banget kalo yang nyanyi itu orangnya banyaaak banget :) Panjang videonya 13 menit, lagunya cuma 5 menit, lainnya credits :"") Nah yang di bawah ini, yang acapella meskipun bukan official dari Ericnya. Cuma pengen ngasih tau, gimana kalo kamu ngedengerin lagu ini sendiri, sambil melihat langit....



Merindiing dengernya :")
8,409 Videos
5,905 Singers
101 Countries
Ah coba jaman itu gw udah tau kayak beginian, gw ikutan deeh. Hehe, jadi pengen bikin indonesian folklore virtual choir. Because I love folklore haha. *yakeleus

No comments:

Post a Comment

Popular Posts