Friday, July 15, 2016

My New Page: Indo Shopping

Continued..

Ok, sejak gw demam online shopping, gw jadi memperhatikan, barang-barang yang dijual oleh para pedagang online. Hal yang gw perhatikan adalah, gw jaraaaang banget melihat barang dengan Brand Indonesia, alias produksi sendiri. Mirisnya, terkadang pedagang mampu membuat barang-barang KW dari barang mahal luar negeri dengan kualitas yang bagus banget, misalnya kayak bikin tas KW super Michael Kors, Longchamp, dsb. Maksud gw, kenapa dengan kualitas pembuatan yang sebagus itu, mereka tidak membuat produk baru dengan label sendiri? Gw merasa sayaang banget dengan hal itu.

Pertama gw ingin lihat dari sisi pedagang. Oke, pedagang memang ingin mencari untung sebanyak mungkin dengan usaha yang sedikit mungkin. Dengan meng-copy desain dari  brand ternama tentu mudah bukan? Keuntungan pun juga besar karena dengan bahan yang KW, bisa dijual agak mahal meski ga semahal dengan barang aslinya. Katanya produk luar negeri lebih bagus daripada produk Indonesia? Lah itu tas KW merk luar negeri yang dibeli juga buatan Indonesia.

Nah, kenapa sih pake repot-repot bikin KW nya? Kalo dari sisi konsumen, ambil contoh aja Indonesia. Indonesia ini unik, orang-orangnya suka banget sama barang-barang branded, meski gak mampu beli yang aseli, tapi tetap harus branded. Apalagi kalau ada yang lagi hits, langsung dibeli. Pasti langsung ada KW nya. Intinya, orang Indonesia ini rasa-rasanya sangat berbinar-binar dengan barang luar negeri yang 80% ada di mall-mall. Kemana-mana kalau gw lihat di jalan, di angkutan umum, di kantor, hampir semuanya memakai barang bermerk luar negeri. Tapi kalau disuruh menyebutkan brand fashion Indonesia misalnya, gak tau deh pada bisa apa engga.

Gara-gara itu gw jadi mikir, kasian banget ya Indonesia jadi gak punya kepribadian kayak gini. Pengen gitu gw denger orang-orang berebutan buat beli barang produk Indonesia. Gw sendiri sebenernya newbie dalam hal shopping menyopping, dan menurut gw bener-bener susah mencari produk Indonesia. Nah berhubung gw masih deman online shopping, sejak saat itu gw memfokuskan diri untuk searching produk-produk buatan Indonesia. Meskipun sulit, gw tetap berusaha mulai sekarang mencoba perbanyak beli barang-barang buatan Indonesia. Meski nanti kantor gw elit lah, atau pergaulan gw modern lah, insyaAllah gw pingin mencoba untuk terus mendukung produk Indonesia.

Di postingan sebelmnya gw bilang kan punya list nama-nama shop yang gw langganin atau gw incar? Sekarang gw mau share ke kalian di page baru gw berjudul..


Indo Shopping ini isinya web site/ page online shop (mostly) dan offline shop yang menjual produk buatan Indonesia, baik punya brand label sendiri pada produknya maupun tidak. Mungkin ini versi kecil dari semua toko-toko lokal di Indonesia. Sebenernya, awal pemikiran gw adalah, gw ingin membuat website online market, semacam Tokopedia gitu, tapi, khusus untuk toko-toko yang menjual produk lokal, asli buatan Indonesia. Awalnya, gw berharap pas searching di google udah ada yang kayak gitu, tapi ternyata belum. Ya Allah, semoga nanti gw bisa bikin kayak gitu, sayangnya gw bukan ahli IT atau marketing, tapi kalau ada orang-orang yang ingin bantuin gw bikin The Biggest Indonesian Online Shop, boleh ya kontak gw. Tapi, kalo ada yang tiba-tiba bikin website itu sendiri, ya bagus sih, tapi kok ga bilang-bilang gue? Hehe..

Intinya, semoga Indo Shopping ini bisa menjadi referensi buat kalian yang mau mengembangkan dan mengharumkan prduk buatan lokal. Meski gw tau pembaca blog gw bisa diitung jari (wkwk), minimal bisa jadi referensi gw pribadi dan teman-teman terdekat gw. Sekian dulu, happy shopping our local product!

Keep Supporting Indonesia Local Product!

No comments:

Post a Comment

Popular Posts