Tuesday, August 12, 2014

Lebaran 2014 - Beaches and Longer Road Trip

Lebaran tahun ini, gw dan keluarga alhamdulillah bisa mudik lagi. Seperti biasa dan umumnya, kami menggunakan mobil (yang dikendarai oleh ayah saya) ke Jogja dan Megelang, tempat kelahiran orangtua saya. Sebenarnya, saya masih cukup lelah, jenuh lebih tepatnya untuk pergi lagi dari rumah, setelah K2N kemarin yang jaraknya menurut gw masih cukup dekat. Biasa, gw memang anaknya rumahan banget. Iya, gw segitunya, bahkan gw suka mengalami  kesulitan buang air besar sementara di tempat asing, bahkan di rumah eyang gw sendiri, karena...melakukan itu...gak di rumah!

Gw inget banget, masa-masa gw mudik dengan mobil dan gw mengitung jam perjam sampai ke rumah eyang, karena papa gw memastikan kalo perjalanan ke rumah eyang hanya 15 jam! Benar saja, dulu kami berangkat setelah subuh, dan sampai saat malam hari, pada hari itu juga. Sekarang? Inilah cerita gw..

MACET. Iya, pertama, tol cikampek yang ga pernah berhenti macet saat masa lebaran. Kedua, ada fenomena yakni salah satu jembatan di daerah bernama Comal, rusak, sehingga jalan menadi satu arah dan hal ini memperlambat alur lalu lintas. Kedua, karena jalanan semakin padat dengan pemudik, tempat pemberhentian seperti pom bensin dan masjid juga mejadi penuh. Hal ini menyebabkan adanya antrian menuju tempat pemberhentian di jalan utama. Sehingga lalu lintas menjadi lambat, karena biasanya antrean kendaraan berada di sisi kiri jalan, jadi yang tadinya merupakan jalan dua mobil, menjadi jalan satu mobil. Semakin tahun, pengendara jalur darat sudah makin meningkat, bro.

Kebiasaan gw pada saat dalam perjalanan di kendaraan, kemanapun, kapanpun, khususnya jarak jauh. Adalah gw .. tidur! Lebih tepatnya, HIBERNASI.

Nah, sampai di jogja, akhirnya, perjalanan kami terbalas, yaitu papa mengajak kami berwisata pantai. Pantai yang kami kunjungi berada di kawasan gunung Kidul, sehingga kami perlu untuk berkendara naik turun gunung dulu. Pada intinya kami menyebrangi jajaran gunung kidul, dan kembali melihat samudra hindia, selain di pantai Parangtritis atau Kwaru. Namun sayangnya, jalan di gunung kidul ini sangat padat sehingga kami baru sampai di pantai sekitar pukul 12.00. PANAS.

1.  Pantai Drini
Dokumentasi Pribadi
Pantai ini bagus banget. Lihat saja kejernihan batas langit dengan lautnya. Namun di sini ombak tidak terlalu besar. Jadi yang suka main-main ombak mungkin sedikit kurang puas. Di bagian sebelah kanan, lihat di foto, itu ada tangga yang bisa dinaiki, dan di sana bisa lihat pemandangan lebih indah.

2. Pantai Pok Tunggal

Pok tunggal itu artinya pohon tunggal. Bisa dilihat, di paling kiri ada pohon unik yang tumbuh sendiri di tengah pantai ini. Makanya, pantai ini disebut dengan pok tunggal. Pok tunggal ini bagus sebenernya, cuma lebih ramai daripada di pantai Drini. Lihat saja banyak payung-payung yang menghalangi pemandangan lautnya. Jadi kalo melihat harus dari dekat. Pantai ini cukup luas dan menyenangkan.

3. Pantai Siung

Dokumentasi Pribadi
Ini pantai terakhir yang kami kunjungi. Pantai Siung ini di pinggirannya banyak sekali batu karang. Jadi, ombak yang datang tidak terlalu besar karena sudah terhambat oleh batu karang. Namun ombak di sini lebih besa dan sering, tapi jika ingin meikmatinya, harus maju ke laut agak jauh. Banyak orang yang melakukannya, tapi saya dan keluarga saya penganut hidup aman. Jadi, kami tidak berjalan lebih jauh daripada batu besar yang di kanan itu. Btw, batu itu bawahnya udah terkikis air. I wonder kalo sudah terkikis semua, dia menggelinding kemana ya? haha. Nah di pantai ini kami makan siang di tempat yang kami lupa namanya. Tempatnya di atas sehingga bisa melihat pemandangan pantai yang indah. Namun, harganya juga lumayan, ehehe.

*Udah K2N sebulan, diajak ke pantai 3x, hasilnya adalah, gw makin item. hiks.

Selain ke pantai, kami juga mengunjungi tempat wisata seperti Taman Sari, Gua tempat persembunyian Pangeran Diponegoro, dan belanja di Batik Bantul. Lainnya, kami dihabiskan dengan halal bihalal dengan bersilaturahmi ke rumah saudara. Overall, inti lebaran tahun ini masih sama kok dengan tahun lalu. Dan, gw gak tambah gendut yay, malah jadi normal lagi. Soalnya gw udah kurus banget sepulang K2N ditambah sakit tipus :").

Sekarang.. saatnya pulang. Gausah ditanya deh, pokoknya waktu perjalanan pulang lebih lama dibandingkan pergi ke jogja. Kami hampir mau nginep di hotel 2 kali kaena beneran melawatkan 2 malam di jalan. Pada akhirnya, hanya hari pertama kami menginap di hotel, hari berikutnya, papa mengenadarai sampai larut malam dan lelah, baru kami beristirahat, daripada kami menghabiskan 12 jam di hotel. Buang-buang waktu dan biaya.

Well, semoga liburanmu juga menyenangkan :)

Song of the Day: Idina Menzel - Disney Frozen - Let It Go
Ini semacam lagu keluarga kami gitu. Kami suka Disney Frozen dan suka sekali menyanyikan lagu fenomenal ini. :D Lagu ini dinyanyikan kembali oleh Demi Lovato, karena lagu ini menjadi hits dan fenomenal sehingga banyak yang merequest lagu ini di radio. Setau gw, lagu Disney ga bisa diputer di radio kan yah. Tapi gw lebih suka versi asli di filmnya daripada Demi Lovato. Meskipun bagus juga, tapi di lagu ini Demi Lovato kedengeran capek banget nyanyinya, hehe.