Friday, June 1, 2012

Right in the Childhood: The Story of Cardcaptor Sakura

Hai, kalian waktu kecil pasti suka nonton Tv kan? Saya suka bangeet. Apalagi buat 90's kids nih, pasti suka nonton film2 kartun yang di tayangkan di suatu stasiun TV setiap hari Minggu dan berturut-turut dari jam 6 pagi sampai siang. Apa dong kartun favorit kalian? Boleh loh kalo mau di share hehe :)

By the way, kartun favorit saya waktu kecil adalah Cardcaptor Sakura. Sakura Kinomoto, nama panjangnya, adalah gadis kecil kelas 4 SD, yang secara tidak sengaja membuka buku ajaib berisi kartu-kartu milik Clow Reed, seorang penyihir hebat jaman dahulu. Kartu-kartu Clow (Clow Cards) tersebut terbebas dari dalam buku, dan Sakura pun diberi kekuatan oleh penjaga buku tersebut -- yang bernama Keroberos (yang bentuk duniawinya seperti boneka beruang kecil yang bisa terbang) -- untuk menangkap kartu-kartu tersebut, karena jika kartu-kartu itu terlepas, maka akan menyebabkan kerusakan di bumi. Sakura diberikan tongkat untuk menangkap dan memanggil wujud asli dari kartu-kartu tersebut. Nah, petualangan menangkap kartu inilah yang menjadi inti dari cerita Sakura. Bersama dengan teman-teman baiknya, dan saingannya, yang lama kelamaan akan menjadi pacarnya (hihi), ia pun berusaha menangkap semua kartu tersebut.

Yah, mungkin bagi beberapa orang cerita ini tidak begitu menarik. Tapi saya emang orangnya seneng banget sama cerita cerita fantasi super power kayak beginian hehe. Dan karena waktu itu saya masih SD, dan karakter Sakuranya juga masih SD, mirip pula namanya (Sakura - Syakira) *maksa*, jadi makin suka banget berimajinasinya. Punya super power, dan punya kisah cinta yang unyu hihi apalagi karakternya ada yang ganteng-ganteng #salahfokus *ckck masih SD padahal*

Nah, baru-baru ini, di tengah liburan panjang pergantian semester, saya sedang merenungkan masa kecil *halah*. Lalu, saya teringat kembali dengan serial anime ini. Namun, kok saya ga bisa inget ya gimana endingnya anime ini. Entah lupa atau memang belum pernah nonton bagian akhirnya. Akhirnya, saya pun mengunduh satu persatu episodenya di salah satu situs yang memiliki koleksi kartun dan anime segudang dari A-Z hehe. Dan kyaa, memang seru sekali petualangannya, apalagi suka lucu kalo ngeliat ekspresi kartuniawi (?) anak-anak ini yang masih polos dan malu-malu hihi. Namun, di tengah perjalanan panjang, akhirnya saya menyadari kalo total episode anime ini adalah 70 episode, haaff.

Serial ini dibagi menjadi 2 volume. Volume satu adalah sejak Sakura membuka buku Clow Reed, hingga menghadapi Final Judgement yang menentukan apakah Sakura mampu  menjadi Master of the  Card yang baru. Volume kedua adalah sejak Sakura memenangkan final judgement, hingga ia mampu mengubah semua Clow Card menjadi Sakura Card dan menjadi Master of the Card yang sesungguhnya. Ternyata, waktu kecil saya hanya menonton hingga final judgement dan beberapa episode setelahnya di volume dua, dimana tongkat Sakura sudah berubah dari yang ujungnya berbentuk paruh burung, menjadi yang ujungnya berbentuk bintang. Jadi, sebagian besar volume dua dan termasuk akhir ceritanya saya belum menonton huhu.

Nah, saat menonton serial ini, saya sedikit menyadari bahwa ada tanda-tanda hubungan yang tidak wajar dari karakter-karakter di dalamnya. Saya mencurgai adanya rasa suka antara karakter pria alias gay, dan sesama  karakter perempuan, alias Lesbian. Akhirnya, karena memang saya tidak sanggup mengunduh ketujuhpuluh episodenya namun masih sangat penasaran, saya memutuskan untuk mengunduh hanya beberapa episode yang saya kira bagus, dengan referensi plot per episode dari wikipedia, dan menguduh serta membaca seluruh volume manga/komiknya. Saya bukan penggemar manga memang, karena saya sejujurnya tidak begitu suka membaca komik karena tampilannya yang hitam putih dan sudah ada gambarnya sehingga sedikit membatasi imajinasi saya. Dan terkadang saya memang suka bingung sama cara bacanya yang dari kanan ke kiri, dan sedikit sulit memahami visualisasi gambarnya yang setengah-setengah gitu hehe. Tapi, kadang-kadang kalo saya penasaran, atau emang suka, saya gak begitu keberatan membaca komiknya, karena ingin membandingkan dengan animenya, contohnya seperti serial Detective Conan, Death Note, One Piece, Naruto, dan lain-lain. Tentu saya bacanya cuma longkap-longkap, karena emang komik-komik itu jumlahnya ratusan (>,<). (kecuali Death Note, karena serial ini tidak begitu banyak, dan saya sangat suka jalan ceritanya hehe).
Dari atas ke bawah (dengan orientasi kiri ke kanan): Sonomi Daidouji - Kaho Mizuki - Ruby Moon - Fujitaka Kinomoto - Toya Kinomoto - Takashi Yamazaki - Chiharu Mihara - Naoko Yanagisawa - Rika Sasaki - Yukito Tsukishiro - Sakura Kinomoto - Tomoyo Daidouji - Mei Lin - Li Shaoran - Keroberos - Eriol Hiiragizawa
Setelah saya membaca manga Sakura, saya jadi histeris sendiri. Karena, ceritanya unyu banget hihi. Ya, mungkin banyak yang bilang 'biasa saja' karena memang ceritanya hanya sebatas menangkap kartu, menang, musuh-musuhan, trus suka-sukaan deh. Tapi, saya emang udah ngefans duluan sih sama ide dan jalan ceritanya hehe. Nah, yang bikin shock adalah, dugaan mengenai hubungan antar karakter yang abnormal yg saya sebut di atas ternyata tergambar jelas di sini, bahkan semakin banyak dan rumit. Ternyata, didalamnya memang ada hubungan-hubungan seperti Gay (sesama pria), Lesbian (sesama perempuan), Incest (sesama saudara sedarah) dan Pedofilia (hubungan orang dewasa dengan anak yang jauh di bawah umur). Begini sedikit detailnya:

Tomoyo (teman baik Sakura) menyukai Sakura --> Lesbian, dan juga Incest, karena ternyata ibu mereka sepupuan
Toya (kakak laki-laki Sakura) saling menyukai dengan Yukito (teman satu sekolahnya yang merupakan sahabatnya) --> Gay
Li Shaoran (saingan, dan yang nantinya akan menjadi pacar sakura) tadinya suka sama Yukito --> Gay
Pak Terada (guru di sekolah sakura) menyukai Rika, (salah satu teman sakura) bahkan mereka semacam engaged gituh --> Pedofil
Kaho Mizuki (guru pengganti di SDnya Sakura yang membantu petualangan sakura) saling menyukai dengan Eriol (teman pindahan Sakura yang merupakan salah satu wujud duniawi dari Clow Reed) --> Pedofil
Oiya, ada juga yang menunjukkan disorientasi gender. Tokohnya Ruby Moon (guardiannya Eriol), yang karakternya digambarkan sebagai seorang perempuan (yang ceritanya juga anak pindahan di SMA yg sama dengan Toya, dan menyukai Toya si kakak Sakura itu). Memang di anime dan di wikipedia tidak dipermasalahkan, namun di manga, guardiannya Eriol yang lain (Spinel Sun) mempermasalahkan kenapa si Ruby ini selalu memakai pakaian wanita. Dan si Ruby menjawab "karena aku suka". Nah, ini nih, yang saya curigai kalo dia itu, bahasa kasarnya, bencong -,-

Di dalam komiknya, hubungan-hubungannya seperti itu lebih rumit, dan masih ada beberapa contoh lagi, tapi akan lumayan panjang jika dijelaskan karena memang cukup sulit menjelaskannya. Akan cukup membingungkan juga jika dibandingkan dengan animenya, karena bahkan ada karakter yang ada di anime tapi tidak ada di komiknya. Tentu, seperti beribu tontonan televisi lainnya yang di angkat dari sebuah karya tulis, pasti ada perbedaan-perbedaan baik jauh maupun tidak antara karya tulis aslinya dengan filmnya. Di sini, serial Sakura yang kita tonton di Tv memang lumayan berbeda dengan cerita di manga. Namun, di manga aslinya, hubungan-hubungan abnormal yang saya sebutkan di atas tersebut secara jelas ditunjukkan (bahkan ada yg diperjelas di notes dari penerjemahnya). Setelah saya mencari-cari di wikipedia, ternyata memang benar, bahwa di animenya, hubungan-hubungan seperti itu memang sengaja tidak diikutsertakan. Misalnya, rasa suka sesama jenisnya itu dalam anime digambarkan sebagai suka sebagai sahabat, melainkan suka beneran.

Yah, namanya juga tontonan anak kecil. Namun yang saya bingungkan, komiknya tersebut kan juga di jual untuk segala umur, dan segala belahan dunia, bahkan saya dulu punya 2 diantaranya. Untung cuma dua karena memang saya tidak suka membeli komik (bahkan salah satunya adalah kado dari temen hehe). Tapi bayangkan jika saya mempunyai seluruh koleksi komiknya dan mendapati hubungan-hubungan tersebut sebelum umur yang tepat. Kalo sekarang sih ga apa-apa karena saya toh sudah 18 tahun, dan kuliah di jurusan Psikologi yang memang studinya ada yang mencakup kelainan-kelainan tersebut. Tapi dulu, gimana dengan anak-anak kecil yang lain? Yang di Indonesia? Yang di luar negeri? Yang di Jepang sendiri? Hah, memang saya terlalu sering melontarkan pertanyaan "What if?" seperti itu sehingga saya suka galau sendirian. Akhirnya sih bersyukur aja karena waktu kecil ga terpengaruh sama hal-hal begituan, buktinya saya normal kok, terakhir saya cek sih saya masih perempuan dan sadar betul akan status dan perannya. Saya juga masih menyukai lawan jenis, yang tidak sedarah, dan tidak jauh umurnya, hehe.

Sesuai judul postingan ini, saya sempat merasakan momen yang biasa disebut di situs 9gag.com sebagai "Right in the Childhood moment", karena memang merasa 'dirusak' masa kecilnya. Tapi, saya tetap membanggakan serial Sakura ini sebagai kartun masa kecil favorit saya. Kalo mau tahu lebih lanjut soal cerita dan karakternya, ada nih di wikipedia. Di sini tentang karakternya. Dan di sini tentang plot per episodenya. Kalo soal asal-muasalnya, saya kurang tahu kebenaranya, tapi kalau soal karakter dan ceritanya, saya menganggap link di atas benar karena saya sudah membaca dan menonton ceritanya hehe.

Sesuai dengan awal cerita saya ini kalau saya penasaran, dan ternyata memang tidak pernah menonton endingnya, akhirnya saya sudah tahu sekarang :"). Sakura sudah menjadi Master of the Cards yang baru. Dia dan Li Shaoran juga akhirnya sama-sama mengungkapkan rasa cintanya. Namun, Li Shaoran harus kembali ke Hongkong, Cina, untuk melanjutkan formalitasnya di sekolah di Cina, karena memang awalnya dia pindah ke Jepang karena merasakan bahwa Clow Cardsnya tersebar dan harus mengumpulkannya. Akhirnya ketika mereka sudah remaja dan bersekolah di tingkat highschool, Shaoran pun kembali lagi ke Jepang, bertemu Sakura, dan menetap di sana. And hopefully, they live happily ever after :"D

The End of Sakura Manga
Kyaaa.. :"D

Mungkin agak OOT dan jadul lagunya, tapi ini lagunya lumayan cocok dengan anime ini, khusunya setiap bagian ketika Sakura bertemu Yukito yang ganteng itu. Feels like meeting angel, and he actually is. :")

13 comments:

  1. dulu aku juga suka nonton Card Captor Sakura, tapi bener-bener ga inget ceritanya SAMA SEKALI. sama kayak Sailormoon yang juga sering aku tonton tapi ga ngerti banget kayak apa ceritanya.
    yang aku inget itu cerita di Doraemon, Kobo Chan, Chibi Maruko Chan (nah, kalo Syaki suka Sakura Kinomoto, aku sukanya Sakura Momoko alias Maruko hehe), Hamtaro, dll yang ga bersambung. Kalo aku pikir-pikir, mungkin aku waktu kecil ga bisa nangkep yang ceritanya bersambung. Tapi anehnya, aku suka aja nonton. Ga tau deh dulu yang aku tonton itu apaan.
    Yang aku inget dari CCS cuma pas Sakura 'nganuin' (aduh, apa ya term-nya?) tongkatnya. Trus, yang aku inget dari Sailormoon cuma ada bunga merah yang tiba-tiba jatuh dan tertuncep di tanah, lalu datanglah lelaki tampan berbaju hitam. Udah.
    Maap komennya malah jadi curcol, hhe. Cuma penasaran aja, ke mana larinya ingatanku masa kecil tentang film-film yang aku tonton ya? Apa emang aku dulu sebenernya ga paham, cuma nontonin gambarnya aja? *garuk-garuk kepala*

    ReplyDelete
  2. waah iya sama, ingatanku juga kurang soal per-episodenya padahal aku banyak banget nonton kartun! Kebanyakan aku cuma inget bagian yang membuat aku terkesan aja atau yang emosional kayak yg bikin takut atau bikin senyum2 sendiri hehe. Kalo di buku psibang ada penjelasannya gak ya? haha

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Adanya file nya des, boleh download, hehe mau?

      Delete
  4. aku dong mau :D
    udah lama gak nonton cardcaptor sakura..
    nyari komikx pun udah gag ada :'(

    ReplyDelete
  5. Salam kenal Ayu :D Coba cari komiknya di google deh, ada banyaaaaak bgt. Bisa baca online, atau download juga ada kok :)

    ReplyDelete
  6. aku punya animenya

    ReplyDelete
  7. Hai... aku mau tnya dong pas part nya syaoran balik ke jepang pas uda highschool itu ada di filemin ga ? Ato cuma ada di komik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalo itu gak ada ternyata di animenya, huhu. Jadi, cuma ada di komik :(

      Delete
  8. komiknya sekarang udah musnah kali ya? padahal pen tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya udah ga pernah liat di pasaran sih, tapi kalau cari di google ada banyak comic reader gitu masih ada, contohnya http://mangafox.me/manga/cardcaptor_sakura_clear_card_arc/

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Komiknya diterbitin upang sama elex media sudah sampai vol 11. Ayuk gabung ke group cardcaptor sakura lovers Indonesia untuk mengetahui info2 terbaru

    ReplyDelete

Popular Posts