Friday, August 19, 2011

Mahasiswa

Assalamu'alaikum :)

Apa kabar semua? Semoga baik yaa..

Okay, ini udah bener-bener lamaaaaaa banget gw ga ngeblog. Kalo di tanya, 'Emang ga ada pengalaman menarik?' Oh tentu adaa, banyaak. Dan gw juga selalu niat nge-post di blog kok, tapi entah kenapa selalu males atau ga sempet, ga selesai dan banyak yang hanya mengendap di draft, hehe. Mungkin nanti gw akan ngeblog event2 yg blm sempet gw posting kalo ada waktu (sok sibuk). Dan soal post blog yang satu ini, mungkin akan panjang, soalnya maklum udah setaun ga ngeblog hehe, jadi siapin ya matanya (?)

Nah, gw belum pernah cerita di blog soal ini, tapi saya Alhamdulillah telah diterima menjadi mahasiswa Universitas Indonesia di Fakultas Psikologi :). Waktu pengumuman SNMPTN tertulis kemarin, udah niat sih mau ngeblog tapi ga kesampaian lagi (-,-). Soal perjuangan masuk UI? Beeeh bisa jadi novel blog ini *lebay*. Intinya Alhamdulillah aja, yaa kalo ada waktu (lagi), mungkin akan di post deh flashback soal perjuangan anak galau lulus SMA hehe.

Terus, apa alasan mulai nge blog lagi?
 
Pertama-tama, gw sedang gak ada kerjaan hehe. Di jadwal yg padat kegiatan awal mahasiswa baru, hari ini akhirnya libur (emang hari minggu sih, tapi awalnya ada kegiatan mahasiswa baru yaitu latihan padus untuk wisuda UI angkatan 2007 yang akhirnya ditiadakan). Baru merasakan kalo satu hari libur itu sangat berarti *lebay* :'). Yang kedua, gw sedang sangat terinspirasi sama seorang kakak senior di F.Psi UI, untuk mulai menulis lagi, karena menurut pengalaman dia (yang dia tulis di blognya, ups kepo), jurusan gw itu sangat berkutat dengan menulis, baik itu essay, makalah, sampai karya ilmiah. Lalu, terinspirasi oleh senior itu, gw mulai latihan menulis lewat blog, soalnya gw sadar kalo gw udah ngadet banget kalo nulis, baru tersadar dari bingungnya gw saat ngerjain tugas essay yg dikasih waktu PSAF. Jadi, mulai sekarang gw mau lebih sering ngeblog, dan membuat blog gw lebih berguna (walaupun sedikit), jadi isinya gak cuma keluh kesah seorang pelajar, ehm mahasiswa hehe.

Status saya sekarang, seorang mahasiswa. Apasih mahasiswa itu? Apa bedanya sama siswa biasa? Jawaban: beda bangeeet mas brooo mba siis, hehe.

Saat SMA, kita hanya belajar sesuai dengan kurikulum yg dijalani. Istilahnya, udah dari sononya, terima aja mau berapa banyak pelajaran pun. Kalo di kuliah, kita bisa memilih mau ngambil mata kuliah apa, berapa SKS (Satuan Kredit Semester) di setiap semester, mau lulus berapa lama lagi, dan tergantung kuat apa engga :P. Lalu, di kuliah itu, kita benar2 dituntut untuk mandiri. Karena, di kampus (apalagi UI) itu gede banget (ya bayangin aja naik sepeda kuning keliling UI cukup bikin gempor hehe). Kalo gak mandiri, mungkin akan agak susah untuk survive di kampus (nakut2in). Gw sendiri sebenernya blm terlalu mandiri, cuma bisa mandi sendiri #eh. Maklum lah, rumah (orang tua) gw ganyampe 10 menit ke UI kalo naik motor, jd ya gak ngekos, pdhl pengen ngekos sih biar bisa latihan mandiri, tapi apadaya *ciyelah*.

Lalu bedanya lagi, kalo di sekolah kan setiap hari kita ketemu temen2 yang sama, istilahnya 4L: Lo Lagi Lo Lagi. Nah, kalo di kuliah beda-beda, karena mata kuliah yang diambil tiap orang beda2, udah gitu, kelasnya pun moving #ehserem. Maksudnya moving class, jd kita pindah-pindah ke kelas mata kuliah yg kita ambil, bukan dosennya yang ngedatengin kelas kita (kayak guru di sekolah). Untung waktu SMA, angkatan gw pas 2 tahun terakhir udah ada simulasi moving class gitu, jadi tiap pelajaran pindah kelas.

Jadi inget kelas saya saat masih sekolah, yang heboh itu waktu di kelas XI IPA 3. Tiap ada ulangan, khususnya ulangan Pkn, kita yang sekelas berkemungkinan masih keturunan orang barbar, sebelum bel bahkan udah stand by di pintu kelas sebelumnya, menyiapkan posisi start lari jarak pendek *lebay*. Lalu pas bel berbunyi, kita semua (biasanya perwakilan dari pasangan sebangku, termasuk gw) lari sangat rusuh, sampai2 kelas saya ini terkenal kerusuhannya sampai ke kelas2 lain. Jadi, kalau habis bel berbunyi, kelas2 lain yang ramai di koridor untuk moving class, sampe minggir mepet tembok ngasih trek lari khusus buat XI IPA 3 :') sungguh mengharukan *padahal sih takut ditubruk wakaka*.

Nah kan jadi melenceng, intinya itulah moving class, untung gw udah terbiasa, tapi di kuliah nanti, ga ada deh yang namanya lomba lari antar kelas gitu, yang ada malah (kata senior) perang saat mengisi isian rencana studi, berebut kelas mata kuliah untuk satu semester gitu hehe. Ok, trus di setiap kelas juga kita ga cuma ketemu sm anak seangkatan tp juga angkatan atas/bawah. Intinya, suasana kuliah itu beda sama sekolah, cara adaptasinya juga akan beda, tergantung masih-masing orang. Jadi, kalo dulu kemana-mana gandengan temen mulu, sekarang harus berani kalo sendiri :') Tapi bukan berarti gak punya temen, maksudnya kan bisa aja temen2 kita dapet kelas yang beda, mata kuliah yang beda, trus kegiatan yang kalian ikuti juga berbeda, karena ga mungkin banget apa yang kalian ambil sama persis. Yaah, yang penting gak terlalu bergantung lah :)

Masih banyak lagi sebenernya soal kehidupan kampus, tapi itu bakal dikasih tau kok di awal kegiatan kampus (berasa ngomong sama adek kelas). Soal ospek? Hmm beda-beda sih tiap fakultas, ga mau bocorin deh :P Jaman sekarang udah ga ada ya yg namanya perkeloncoan eh perkeroncongan eh perpeloncoan, atau apalah itu namanya, hehe jd gausah takut, nyantai aja, seru kook muahaha.

Ok deh, sampai ke penghujung acara (?), mungkin post ini agak beda sama post blog gw yg sebelum-sebelumnya yang penuh warna itu (litterally penuh warna), skrg males buat ngedit-ngedit gitu jadi yaa seadanya saja asal masih bisa di baca dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa :') 

Song of The Day: LMFAO - Party Rock Anthem
Karena..... everyday i'm shuffelin' (?) #krik
XOXO

No comments:

Post a Comment